Belajar Menjadi Istri Teladan dari Khadijah Binti Khuwailid

Leave a Comment

KHADIJAH Binti Khuwailid radhiyallahu anha adalah wanita yang tidak tergantikan di dalam hati Rasulullah Shallallahu `alaihi wa Sallam. NabiShallallahu `alaihi wa Sallam bersyukur sekali mempunyai seorang istri seperti Khadijah, bahkan setelah kematiannya.
Meskipun Rasulullah kemudian menikah dengan wanita-wanita lainnya, namun Khadijah tetaplah sosok istri yang dirindukan. Seperti yang diucapkan Rasulullah kepada Aisyah radhiyallahu anha, “Tidak demi Allah, Allah tidak akan memberi ganti padaku dengan wanita yang lebih baik darinya. Dia beriman kepadaku saat manusia mendustakanku, memberikan kepadaku saat manusia menghalangiku, mendukungku dengan harta bendanya saat manusia menolakku dan Allah mengaruniakan kepadaku anak darinya saat Dia menghalangiku memiliki anak-anak dari wanita lain,” ( HR. Al-Bukhori ).
Namun memang sayang, ketika banyak para muslimah sekarang malah meniru gaya hidup wanita non muslim. Mereka lupa ada yang lebih pantas ditiru dan menjadi teladan bagi wanita-wanita yang istimewa di hadapan Allah dan keluarganya.
Maka dari itu, belajarlah menjadi istri solehah dari Khadijah dalam beberapa hal ini. Bahwa kesuksesan bukanlah diukur dari kecantikan wajah atau keperawanan. Akan tetapi, kesuksesan itu bisa dilihat dari karakter sebagaimana kerelaan Khadijah memberikan segala yang dimilikinya untuk Rasulullah.
Selain itu, pengabdian Khadijah kepada suaminya hanyalah semata-mata mengharap pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, bukan kepada manusia.
Oleh karena itu, Allah membalasnya dengan balasan yang sempurna. Kita pasti pernah mendengar kisah di mana Allah berkirim salam kepadanya melalui Malaikat Jibril.
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, meriwayatkan bahwa Jibril datang kepada NabiShalallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan berkata, “Ya Rasulullah, Khadijah akan datang kepadamu membawa lauk-pauk atau minuman. Jika dia sudah datang, sampaikanlah salam kepada Khadijah, dari Tuhannya. Beritahu kepadanya bahwa baginya sudah disediakan rumah di surga terbuat dari batu permata yang tidak ada keributan dan rasa lelah.” (HR. Bukhori)
Betapa indahnya ketika seseorang disampaikan salam langsung oleh Tuhannya. Dialah Khadijah, yang Rasul sebut sebagai salah satu wanita terbaik di dunia dan akhirat. Wahai Kaum Muslimah belajarlah dari Khadijah!

0 komentar:

Posting Komentar